Minggu, November 15, 2009

Cara membuat Blog

Apa itu blog?






Blog (singkatan dari web log) adalah yang sifatnya lebih pribadi, yaitu lebih kepada penggambaran dari si pembuat blog itu sendiri.

Blog di buat oleh para disainer, penyedia blog akan bekerja secara otomatis dan mudah untuk di operasikan, jadi bagi kita-kita yang masih bingung dengan bahasa pemrogramanuntuk membuat ssebuah website tidak jadi persoalan. Apabila anda sudah bisa membuat sebuah account email di internet, maka dalam membuat blog pun saya yakin anda bisa.

Seperti halnya email, dalam membuat blog pun kita harus mempunyai sebuah account terlebih dahulu. Oleh karena itu silahkan daftarkan diri andaterlebih dahulu di free provider (penyedia hosting/domain blog gratis). Free blo provider sangatlah banyak, terdapat di internet dan beberapa yang popular adalah http://blogger.com, http://wordpress.com, serta http://blogsome.com.

Dalam kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang cara pembuatan blog di http:blogger.com.

  1. Setelah anda berada pada situs blogger.com, klik tanda panah yang bertuliskan “BUAT BLOG ANDA”
  2. Isilah Alamat e-mail dengan alamat e-mail anda (tentunya yang masih valid)
  3. Isikan kembali alamat e-mail anda tadi pada form, ketik ulang alamat e-mail.
  4. Tuliskan password yang anda inginkan pada form masukan sebuah password
  5. Isikan kembali password anda yadi pada form ketik ulang sandi.
  6. Isi nama tampilan dengan nama yamg ingin anda tampilkan.
  7. Tulis tulisan yang tertera padaform verifikasi kata, Beri tanda tik/cek pada kotak di samping tulisan saya menerima persyaratan dan layanan.
  8. Klik gambar anak panah yang brtuliskan “LANJUTKAN”
  9. Tuliskan judul blog yang anda inginkan (nanti bisa di rubah lagi)pada form judul blog.
  10. Tulis nama situs anda pada form alamat Blog (URL)
  11. Tulislah tullisan veriyang di tampilkan pada form verifikasi kata, jika sudah klik gambar panah yang bertuliskan “lanjutkan”
  12. Pilihlah gambar (template) yang anda inginkan (nanti bisa di rubah lagi), kemudian klik gambar anak panah yang bertuliskan “LANJUTKAN”
  13. Setelah keluar tulisan “BLOG ANDA SUDAH DICIPTAKAN” klik gambar bertuliskan “MULAI POSTING” silahkan anda tuliskan semau anda,jika sudah selesai klik tombol “MEMPUBLIKASIKAN POSTING”.

Isi (CONTENT)

Bagi para pemula, biasanya mereka bingung setelah daftar membuat blog apa yang harus di isi (postinga0 dalam sebuah blog. Isi (content)dari sebuah blog tentu saja terserah kepada pemilik blog tersebut, apakah mau di isi puisi, perjalanan hidup,teknik, atau apa saja. Nah di sini saya sarankan isilah blog anda tersebut dengan minat, hobby ataupun keahlian anda sendiri, karena tentu saja di luar sana banyak sekali orang yang sama minat dan hobby nya dengan anda, sehingga mereka akan tertarik untuk membaca tulisan-tulisan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jika ada pertanyaan, informasi, kritik dan saran atau apa saja. Silahkan isi form kontak di bawah ini :